Pengertian Algoritma Pemograman


Algoritma Pemograman adalah sebuah rangkaian proses dan operasi yang terbatas untuk menyelesaikan masalah pada sebuah program.

contohnya, saat kita mengahadapi proses untuk mengetahui akar-akar faktor dari sebuah bilangan, tentu kita memiliki operasi operasi, yaitu looping sampai bilangan tsb habis, lalu bilangan tersebut dibagi dengan bilangan yang bisa membagi dia dengan sisa bagi 0.

proses tersebut bisa kita tulis dengan bahasa pemograman apapun di komputer,

namun bayangkan jika kita menuliskan langsung ke dalam bahasa pemograman tertentu dan tidak membuat algoritmanya terlebih dahulu,

tentu akan sulit untuk menyesuaikan kode tersebut ke dalam bahasa pemograman lain.

apalagi dengan adanya level bahasa pemograman yang berbeda dan dengan fungsi bahasa pemograman yang berbeda,

namun pada perbedaan itu, pasti ada kesamaan logika program, maka dari itu algoritma sangatlah penting sebelum memulai ngoding.

bisa saja jika kita langsung ngoding sebelum membuat algoritma,

namun, jika kita membuat algoritmanya terlebih dahulu, kita bisa menghemat waktu kita untuk  membuat keseluruhan program sebanyak 60%.


THINK TWICE, CODE ONCE! ,

kenapa think twice?

maksudnya sebelum kita menuliskan kode, kita matangkan terlebih dahulu algoritma kita, sampai kita yakin tidak ada error logic untuk algoritma tersebut,

jika kita tidak mematangkan algoritmanya, sebagian besar waktu anda akan termakan oleh cara "musrik", yaitu compile -> error -> debug -> backToBegininng .

tentu akan memakan sangat banyak waktu, jika kita mematangkan di level algoritma, waktu tersebut akan sangat hemat dan juga anda tidak terlalu banyak melihat layar komputer.


mematangkan di tahap algoritma sangatlah penting dalam penyusunan program.

sekian penjelasan Pengertian Algoritma Pemograman dari saya, jika ada salah atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan komen, insyaallah saya jawab sebisa saya.

wassalamualaikum.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memasang GLUT di Dev-C++

ALGORITMA DDA, BRESENHAM, DAN MID-POINT GARIS

ALGORITMA MID-POINT DAN BRESENHAM LINGKARAN SERTA PERBEDAANNYA