cara backup game di Steam dengan mudah


Steam adalah platform distribusi digital yang dibuat oleh Valve Corporation, yang menawarkan layanan multiplayer video game, manajemen hak digital, jejaring sosial, dan streaming video. Steam menyediakan fitur instalasi dan update otomatis video game, fitur komunitas seperti daftar teman dan group, dan kemampuan chat suara. Pada awalnya Steam hanya tersedia pada sistem operasi Microsoft Windows, namun saat ini sudah ada versi OS X dan Linux. (wikipedia)

ada saat saat dimana kita butuh untuk membackup game yang telah di install dari library kita, seperti saat kita ingin menginstall ulang laptop atau komputer kita.

game di steam bisa di download otomatis jika kita mempunya game tersebut di library kita, namun karena ukuran game tersebut yang tidak bisa dibilang kecil, misalkan dota 2 yang ukurannya sampai 22GB, dan jika mendownload akan sangat memakan waktu.

maka dari itu kita sebaiknya membackup terlebih dahulu game tersebut, caranya :

1. buka program Steam (ya iyalah)


2. kilk Steam, lalu pilih "Backup and Restore game..."


3. Karna kita ingin membackup, pilih Backup Currently Installed Programs


4. lalu pilih game mana yang ingin kamu backup


kamu bisa membackup lebih dari 1 game dalam 1 kali proses backup 

5. lalu atur di folder mana kamu akan menyimpan hasil backupnya, klik next saja jika ingin default


kamu bisa tekan browse... jika ingin menyimpan hasil backupnya ke direktori yang kamu inginkan, misalkan di dokumen, atau bisa juga membackup langsung ke Flashdisk atau Harddisk External kamu.

6. setting berapa ukuran 1 filenya, jika pilih 640, ukuran total game kamu dibagi bagi ke banyak file dengan ukuran 640, begitu juga dengan yang 4,5GB, klik next saja jika ingin default


sebenarnya tidak ada bedanya, besar total file akan sama saja, namun kemungkinan corrupt lebih kecil yang 640, karena file terbagi ke partisi yang lebih kecil, dimana kemungkinan corrupnya lebih kecil jika file semakin kecil ukurannya.

7. tunggu sampai Steam selesai membackup game kalian.


8. YEAY backupnya sudah selesai


9. Buka directory backupnya dengan mengklik OPEN BACKUP FOLDER


10. Silahkan Pindahkan folder Dota 2 tersebut ke tempat yang kamu inginkan, pindahkan ke harrdisk external atau ke flashdisk agar tidak terhapus saat install ulang.


BACA JUGA : cara restore game steam dari folder backup

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memasang GLUT di Dev-C++

ALGORITMA DDA, BRESENHAM, DAN MID-POINT GARIS

ALGORITMA MID-POINT DAN BRESENHAM LINGKARAN SERTA PERBEDAANNYA