Facade Design Pattern




Pengertian

Facade pattern adalah jenis design pattern yang dapat menyembunyikan kompleksitas sistem dan menyediakan interface untuk klien yang dimana klien dapat mengakses sistem. Facade pattern ini merupakan structural design pattern karena facade pattern ini menambahkan interface untuk sistem yang ada untuk menyembunyikan kompleksitasnya..

Secara mudahnya facade pattern menyembunyikan kompleksitas dari suatu subsistem ke dalam satu class facade. Yang dimana class tersebut akan diakses oleh klien sehingga klien dimudahkan untuk mengakses sistem.

Untuk memudahkan pemahaman, facade pattern dapat dianalogikan dengan kehidupan nyata. Sebagai contoh customer service. Ketika klien memiliki masalah atau keluhan seperti masalah pengiriman atau masalah kualitas barang, maka klien cukup hanya menghubungi customer service. Klien tidak perlu tahu bagaimana prosedur customer service dalam menyelesaikan masalah tersebut.


Kelebihan

memudahkan klien untuk mengakses sistem, karena klien cukup mepelajari class facadenya saja, sehingga mudah untuk di implementasikan

Konsekuensi

jika ada perubahan pada design pada sistem maka class facade juga mengalami perubahan.


UML Class Diagram



Implementation

Kasus : Penjual Handphone


Pada diagram class terdapat client, facade class, dan subsistem. FacadePatternClient menjadi client, shopKeeper adalah facade class. Client dapat mengakses subsistem hanya dengan menggunakan facade class. 


Comments

Popular posts from this blog

Cara Memasang GLUT di Dev-C++

ALGORITMA DDA, BRESENHAM, DAN MID-POINT GARIS

ALGORITMA MID-POINT DAN BRESENHAM LINGKARAN SERTA PERBEDAANNYA